Askot PSSI Makassar Bakal Gelar Liga Sepak Bola Bertajuk Piala Walikota

By Abdi Satria


nusakini.com-MakassarAskot PSSI Makassar bakal menggelar liga sepak bola bertajuk Piala Walikota pada Desember mendatang. Kategori usia yang dipertandingan adalah U-20 dan U-13. Rencana ini diungkap Plt Askot PSSI Makassar, Ahmad Sutanto kepada nusakini.com, Jumat (5/11/2021). "Liga ini akan ikuti oleh para klub anggota Askot PSSI Makassar yang sudah melalui tahapan verifikasi ," ujar Ahmad Sutanto.

Menurut Ahmad, klub peserta yang terverifikasi adalah mereka yang aktif melakukan pembinaan pemain muda minimal dalam dua tahun terakhir ini. "Askot PSSI Makassar akan membentuk tim yang akan melakukan verifikasi baik secara data mau pun faktual di lapangan," tegas Ahmad Susanto.

Manfaatkan IT

Pada kesempatan itu, Ahmad Susanto menjelaskan Askot PSSI Makassar akan memanfaatkan IT berupa penyediaan aplikasi untuk mendata klub anggota serta aktifitasnya. "Pekan depan, kami akan mengundang klub anggota untuk mengikuti workshop terkait cara mengisi aplikasi tersebut," papar Ahmad Susanto.

Nantinya, admin masing-masing klub yang sudah mengikuti workshop bertugas memasukkan sejumlah data wajib. Diantaranya, AD/ART, akte pendirian atau surat rekomendasi dari Askot PSSI Makassar, data pemain, pelatih serta aktivitas klub seperti keikutsertaan pada turnamen dan prestasinya. "Kalau datanya lengkap dan terverfikasi, maka klub tersebut berhak mengikuti Liga Askot PSSI Makassar."

Ahmad Susanto menambahkan, nantinya hanya klub peserta Liga Askot PSSI Makassar yang bisa menjadi voters atau pemilik suara pada Kongres Pemilihan Ketua Askot PSSI Makassar awal tahun depan. "Sebelumnya, kami akan menggelar Kongres Tahunan untuk mengesahkan AD/ART serta pemilik suara yang sah," pungkas Ahmad Susanto. (ab)